Jenis-jenis Kabel Listrik

Kabel atau dalam bahasa inggris nya dtulis dengan cable, adalah sebuah media atau benda yang digunakan untuk menghantarkan  energi listrik dari satu titik ke titik lainnya.

Kabel juga bisa digunakan untuk media pengantar sinyal atau mentransmisikan sinyal data informasi baik itu ke antena ataupun atar perangkat digital.

Sebuah kabel tediri atas bagian konduktor atau media penghantar listrik dan juga bagian isolator atau pembungkus dari konduktor tersebut. Disini akan dijelaskan beberapa jenis kabel listrik berdasarkan tipe penghantar dan juga bahan pembungkus atau isolator dari kabel tersebut.

Jenis jenis kabel listrik :

  1. Kabel NYAKabel berjenis NYA biasanya digunakan pada instalasi rumah tinggal dengan ukuran pada umumnya 1.5mm atau 2.5mm. Ciri Ciri dari kabel NYA adalah ber inti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC. Kabel NYA memiliki kode warna isolasi: merah, kuning, biru dan hitam. Kabel NYA berinti tunggal dan hanya memiliki satu lapisan pembungkus, sehingga kabel jenis ini mudah cacat atau sobek dan tidak tahan terhadap air. Dalam instalasinya, penggunaan kabel jenis ini harus disertai dengan pipa kabel (kabel di dalam pipa PVC) sehingga mencegah robek nya kabel akibat tergores atau gigitan tikus. Jenis kabel ini digunakan pada instalasi luar/kabel udara.N : Kabel standar jenis tembagaY : Isolator PVCA : Kawat Berisolasi
  2. Kabel NYMKabel berjenis NYM juga digunakan pada instalasi rumah tinggal atau juga instalasi sistem tenaga. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi berbahan PVC (biasanya berwarna abu abu atau putih). Biasanya memiliki inti kabel 2, 3 atau juga 4. Sehingga tingkat keamanannya lebih baik disbanding dengan kabel jenis NYA. Kabel NYM juga memiliki isolasi pembungkus yang lebih tebal dan kuat daripada kabel jenis NYA. Jenis kabel NYM dapat digunakan di daerah yang lembab atau basah, namun bukan jenis kabel yang dapat di tanam di dalam tanah.N : Kabel standar jenis tembagaY : Isolasi PVCM : Berselubung PVC.
  3. Kabel NYYKabel ini dibuat khusus untuk tetap didalam tanah namun harus tetap diberikan perlindungan seperti duct, pipa PVC ataupun pipa besi. Bisa dipasang pada luar ruangan maupun dalam ruangan. Biasanya ber inti 2,3 atau 4. Warna isolasi selubung biasanya adalah warna hitam. Biasanya kabel NYY akan lebih mahal dari pada kabel jenis NYM. Dan untuk bahan yang digunakan sebagai isolasi biasanya adalah bahan yang tidak disukai tikus, sehingga cocok untuk ditanam di tanah atau di tempatkan diluar ruangan.
  4. Kabel NYAFK
    abel NYAF biasanya dipakai pada instalasi box panel yang menggunakan pipa PVC sebagai tempat jalur kabel. Kabel NYAF merupakan kabel tembaga dengan inti serabut. Dengan inti serabut, kabel ini memiliki fleksibilitas yang tinggi. Kabel ini tidak boleh ditempatkan pada lokasi yang lembab atau lokasi yang berpengaruh pada kondisi cuaca secara langsung.
  5. Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBYKabel ini dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan  (kecuali harus menyeberang jalan). Pada kondisi normal kedalaman pemasangan dibawah tanah adalah 0,8 meter.
  6. Kabel NYCYKabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Kabel protodur dengan dua lapis pelindung pita CU Kabel. Instalasi ini bisa ditempatkan diluar atau didalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering.
  7. Kabel BCKabel ini dipilin/stranded, disatukan. Ukuran / tegangan mak = 6 – 500 mm2 / 500 V Pemakaian = saluran diatas tanah dan penghantar pentanahan.
  8. Kabel AAACKabel ini terbuat dari aluminium-magnesium-silicon campuran logam, keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberi sifat yang lebih baik. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik, sehingga daya hantarnya lebih baik.
  9. Kabel ACSRKabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja. Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran Transmisi tegangan tinggi, dimana jarak antara menara/tiang berjauhan, mencapai ratusan meter, maka dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi, untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR.
  10. Kabel ACARKabel ACAR yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran, sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR.
  11. Kabel NYMHYOMerupakan kabel jenis serabut dengan berintikan dua serabut. Kabel ini biasanya digunakan untuk soundsystem, loudspeaker, virtual video.
  12. Kabel NYMHY / NYYHYKabel tembaga berbentuk serabut dan berisolasi PVC. NYMHY umumnya berwarna putih dan NYYHY biasanya berwarna hitam. Kabel-kabel ini berinti lebih dari 1 kabel. Biasanya digunakan untuk instalasi didalam rumah yang tidak permanen, karena sifatnya fleksible dan tidak mudah patah.Kabel jenis ini khusus direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah pindah dan harus ditempat kering. Kabel ini mempunyai isolasi plastik tahan panas. Bilamana digunakan untuk penghubung alat pemanas, maka pada titik sambungannya antar alat dengan kabel, temperaturnya tidak boleh lebih dari 85 derajat Celcius, karena hal tersebut dapat membahayakan kabel itu sendiri.

Komentar

  1. Playtech unveils 5 new slot machines to be produced in
    Playtech unveils 5 new slot machines to be produced in 밀양 출장마사지 the 안산 출장샵 year 광명 출장샵 2020. 충청남도 출장안마 and have 5 new slot machines to hit the market in 2020. 화성 출장샵

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengumuman Pendataan Administrasi Praktikum Semester Genap 2017/2018

ETW, Bentuk Kerja Sama HME dan Team E-Lab bertajuk Pelatihan di Bidang Elektro